Apa Itu
SPO?
- Kendaraan untuk membuat Anda bertumbuh, tempat di mana para leader bisa melakukan Recruit , Training, dan mengembangkan jaringan nya
- Service Point Oriflame yang di-operasikan sepenuh nya oleh Leaders Oriflame dan mendapat dukungan dari kami ( Management, AM, ASM, SCM, dll)
Siapa saja
yang bisa Membuka SPO?
- Manager - Level 18% adalah minimum title yang bisa mengajukan untuk membuka SPO.
- Berdomisili di kota yang tidak ada kantor cabang Oriflame.
- Memiliki track record yang baik dan tidak sedang terkait dengan pelanggaran COE yang belum terselesaikan.
- Mendapatkan persetujuan dari AM dan SPO Manager.
Persyaratan
lainnya
- SPO harus terletak di kawasan pemukiman/komersial, terhubung dengan transportasi lokal
- SPO sebaiknya memiliki ruang training (optional)
- SPO harus memiliki sebuah tempat di mana para konsultan dapat memeriksa pesanan mereka, dan tempat untuk menyimpan kedatangan barang dari cabang
- SPO harus memiliki minimal 1 (satu) nomor telepon (atau nomor Handphone) untuk dipublikasikan di V3, Newsletter, dan jalur komunikasi Oriflame lainnya.
- SPO harus menyediakan sarana kerja pribadi sebagai SPO Owner (telepon/Hp, komputer/laptop, dan koneksi internet)
- SPO harus membeli SPO Kit untuk keperluan branding Oriflame, paling lambat 30 hari setelah aktif sebagai SPO Owner (*harga bisa berubah sewaktu-waktu, mohon dikonfirmasikan ulang kepada SPO Supervisor di cabang Anda)
Panduan
Untuk Pengelola Service Point Oriflame
Sebagai Pengelola SPO, Anda
adalah “Jendela” Oriflame di daerah Anda. Oleh karena itu penting bahwa Anda
mengelola SPO dengan memberikan teladan dan mematuhi Kode Etik Oriflame yang
terdapat dalam Panduan Konsultan Oriflame terutama untuk hal hal berikut
1. Anda tidak diizinkan untuk merekrut
pemohon/calon konsultan atau konsultan yang berada di jaringan lain.
2. Anda dilarang menerima secara langsung
Orderan yang BUKAN dari jaringan anda, Oriflame mengatur consultant tersebut
bisa melakukan order secara langsung di V3 dan mengambil pesanan tersebut di
SPO terdekat.
3. Anda dilarang menerima secara langsung
orderan dari Consultant jaringan lain dan menggabungkan orderan tersebut
kedalam nomor consultant di jaringan Anda sendiri.
4. Anda tidak diizinkan untuk menjual produk
Oriflame dengan harga yang berbeda dari harga katalog di bulan berjalan.
5. SPO tidak diperkenankan untuk menjual
produk Oriflame sebagai pengecer atau dijual secara ritel kepada
non-member/non-konsultan Oriflame.
6. SPO tidak diperbolehkan untuk menjual
produk secara ritel kepada konsultan yang datang untuk melakukan order,
misalnya dikarenakan memiliki stok atas produk yang sedang tidak tersedia/Out
Of Stock dari perusahaan.
7. SPO didedikasikan hanya dan secara
eksklusif khusus untuk Oriflame dan tidak dapat menjual produk retail dalam
keadaan apapun, dan dilarang mempromosikan produk dari perusahaan lain.
8. SPO wajib melayani semua Konsultan
Oriflame Indonesia. Ini berarti bahwa SPO memberikan pelayanan yang sama dan
setara baik kepada konsultan di luar jaringan Anda maupun konsultan di dalam
jaringan Anda sendiri.
9. SPO bertanggung jawab untuk membuka kotak
pengiriman dari perusahaan kurir Oriflame di hadapan petugas pengiriman dan
memastikan bahwa paket tidak rusak dan wajib menandatangani surat tanda
penerimaan barang kiriman.
10. SPO bertanggung jawab untuk memastikan
bahwa Konsultan akan mengembalikan barang yang rusak ke perusahaan kurir
Oriflame dengan didukung oleh dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
• Surat Pernyataan dari Konsultan mengenai produk yang
rusak tersebut
• Salinan
invoice harus diserahkan kepada perusahaan kurir Oriflame.
11. SPO diharuskan memelihara catatan untuk
semua paket produk yang diterima dan memastikan identitas penerima sebelum
menyerahkannya kepada Konsultan Oriflame yang bersangkutan.
Pelanggaran
terhadap ketentuan ini akan berakibat penutupan pelayanan di SPO yang bersangkutan dan
Terminasi NO keanggotaan SPO Owner yang terbukti melakukan pelanggaran.
Tanya Jawab
Seputar SPO
Q: Apakah
saya sebagai SPO Owner bisa tetap mengorderkan jaringan saya ?
A: Tetap bisa, namun SPO owner hanya bisa
mengorderkan Personal Group nya, untuk downline di bawah 21% nya dan consultant
lain di saran kan untuk mengorder sendiri dgn memilih SPO yang di inginkan
Q: Maksud
bisa melayani konsultan di luar jaringan pemilik SPO. Jadi SPO Owner bisa dapat
income tambahan dari fee per invoicenya?
A: Betul sekali…semua invoice yang di
hasilkan oleh SPO baik itu orderan dari group sendiri maupun group org lain,
baik itu di orderkan oleh SPO owner maupun consultant dari group lain melakukan
order sendiri dari rumah nya, SPO owner tetap menerima incentive dari semua
invoice tersebut.( Rp.3000,-/inv untk minimum total order Rp.200.000,-/inv)
Q: Sebagai
SPO Owner apalagi keuntungan dari system baru ini untuk perkembangan Pribadi
dan SPO kami?
A: Selain incentive yang semakin meningkat,
dengan semakin di kenal nya SPO anda oleh masyarakat sekitar , makin besar
peluang orang di wilayah anda untuk mengenal bisnis oriflamme yang luar biasa,
yang otomatis memperbesar kemungkinan banyak orang baru bergabung dengan
jaringan anda, sales foce meningkat, orderan & point meningkat, anda bisa
memiliki peluang untuk meraih title baru, Bonus yang lebih besar dan cash award
akan menjadi milik anda
Q: Sebagai
consultant biasa apa keuntungan kami jika order melalui SPO terdekat?
A: Barang akan lebih cepat sampai, Anda
bisa memakai Promo SPO yang sangat menarik dengan discount s/d 75%, dan tidak
akan terkena Courier fee Rp.20.000 jika order dengan membeli salah satu Promo
SPO ( Shipping Product), Anda juga akan lebih cepat menerima Update untuk
hal-hal baru di Oriflame dll.
Q: Kami bisa
menggunakan team order untuk di kirim ke alamat kami, apa keuntungan kami
mengubah cara kami untuk mengorder ke SPO terdekat ?
A : Order via SPO / Order Luar Kota :Minimum order Rp.200.000,-
Order di
bawah Rp.400.000,- terkena Courier Fee sebesar RP.20.000,-
GRATIS
Courier Fee Untuk order Rp.200.000 – Rp.400.000,- jika membeli product Promo
khusus SPO dengan Special
Disc s/d 75%
GRATIS
Courier Fee untuk order di atas Rp. 400.000,- namun Anda tetap berhak membeli product
Promo khusus SPO dengan Special Disc s/d 75%
Tidak ada /
NO Charge Courier Fee Rp.30.000,- untuk team order di bawah Rp.1.000.000,-
Q : Kenapa
tidak setiap member di jaringan kami yang mengorder dengan memilih
"Service point SPO saya" barang orderannya tetap dikirim sesuai
alamatnya masing-masing?
A: Tujuan order via SPO dikirim ke 1
alamat adalah agar pesanan Anda bisa lebih cepat datang (tidak door to door),
ketika consultant maupun downline anda datang ke SPO ini bisa menjadi kesempatan
untuk melakukan training dan memberikan informasi update tentang Oriflame
seperti : program, promo, Motivasi dll.
Q: Melihat
urutan cara order di V3 untuk bisa order ke SPO terdekat yaitu Pilih cabang –
Ambil di kantor cabang- pilih service point – SPO yang diinginkan, Apakah
consultant dari group lain ada pilihan Orifast utk order dan ambil barang di
SPO terdekat ?
A: Order Via SPO hanya ada 2 Type yaitu
Tunggu Transfer/WFT dan TJ. Orifast hanya di berlaku di Kantor Cabang (14
Cabang )
Q: jika
consultant boleh memesan sendiri di V3 ke SPO yang terdekat dengannya,
bagaimana dengan pembayaran mereka? Apakah harus bayar dulu, sistem baru
memproses order mereka ?Atau mereka bayar sewaktu mengambil pesanan di SPO ?
A: Consultant di haruskan untuk melakukan
pembayaran terlebih dahulu baru Invoice
akan tercetak otomatis dan staff gudang bisa pick and pack dan mengirimkan ke
SPO yang memesan.
Consultant dilarang
utk melakukan pembayaran di SPO- consultant harus langsung melakukan pembayaran
ke Oriflame kecuali memang downline SPO Owner dan tergabung dalam jaringan SPO
owner yang biasa memakai TJ directornya
Q: Jika
pembayaran dilakukan di SPO, bagaimana mereka yang memesan tapi tidak mengambil
pesanannya ? Apakah SPO owner harus bertanggung jawab ? Padahal mereka order
sendiri di V3
A: Logika nya Tidak akan ada invoice yang
belum terbayar yang terkirim ke SPO kecuali type pembayaran nya TJ director.
Jadi dalam hal ini tidak akan ada resiko bagi SPO owner. Jika ada order yang
sdh di bayar dan belum di ambil oleh pemilik orderan tersebut dalam waktu 3
hari sejak pesanan tiba di SPO, sudah bukan tanggung jawab SPO owner dan
Oriflame.
Q: Karena
consultant dapat order sendiri di V3, apakah Promo SPO akan diumumkan di V3
agar kita sebagai consultant biasa dapat mengetahui dan memilihnya. ?
A: ini memang sudah bagian dari rencana
promosi SPO di V3.
Q: Apakah
dengan dibukanya SPO untuk umum akan mempercepat OOS nya product Promo SPO ?
A: Hal ini sangatlah mungkin terjadi, namun
tidak perlu khawatir kedepannya kami akan memilih Product yang sangat menarik
dan stocknya sangat banyak.
Q: Jika saya
sebagai consultant biasa ingin melakukan order ke SPO terdekat apakah saya
harus menelfon SPO tersebut terlebih dahulu
A: Kami menyarankan bukan hanya telfon,
namun sebaik nya mengunjungi SPO tersebut untuk memperkenalkan diri kepada SPO
Owner untuk memberitahukan perihal ingin melakukan order dan mengambil barang
di SPO tersebut
Q: Apakah jam
kerja/buka tutup SPO mengikuti jam kerja kantor cabang yang ada ?
A: SPO diberi kebebasan untuk menentukan
jam kerja SPOnya, oleh karena itu sangat lah penting dalam kunjungan Anda
pertama kali ke SPO terdekat untuk mengetahui akan hal ini. No telp SPO
terdekat, Jam kerja, lead time pengiriman dari Cabang ke SPO di daerah Anda
sangat lah penting Anda ketahui agar tidak salah waktu dalam mengambil barang.
Q: Apakah
kita sebagai SPO owner harus menelfon dan mengantar barang ke consultant yang
bukan jaringan kita jika barang tersebut sudah tiba?
A: SPO Owner tidak perlu melakukan ini,
consultant wajib menanyakan via telp ke SPO terdekat perihal kedatangan barang
nya, dan mengambil sendiri ke SPO terdekat
Q: Jika ada
salah barang dan kurang barang terjadi apa yang harus kita lakukan ?
A: Kami sarankan ketika anda mengambil
barang lakukan pengecekan secara seksama, cocokan barang yang anda terima
dengan invoice secara teliti, lakukan hal ini di depan SPO owner agar SPO owner
bisa mensummary / merekap semua keluahan yang terjadi setiap hari dan
melaporkan hal ini ke CC oriflamme di Area cabang nya. SPO owner tidak menerima
keluhan / complain jika barang yg sdh anda terima dan di bawa pulang
bermasalah.
Q: Jika kami
consultant yang tidak termasuk jaringan dari SPO Owner tersebut ingin
mendaftarkan prospek untuk menjadi consultant Oriflame dan Downline kami,
apakah bisa dikirim dan dihandle melalui SPO Owner yang bukan jaringan kami ?
A: SPO hanya bisa memforward/menyerahkan
pesanan yang telah anda order langsung ke Oriflame, untuk registrasi member
baru bukanlah tugas dan tanggung jawab SPO owner (Kecuali Jaringan SPO Owner
Itu Sendiri) Anda kami sarankan untuk mengirim Registrasi member baru ke cabang
area anda.
Q: Apabila
consultant jaringan lain ada yang tidak mengerti penggunaan website Oriflame
online dan datangin SPO kemuadian mereka meminta utk dibantu proseskan order
gimana ? Apakah Boleh ?
A: SPO Owner wajib menolak untuk
mengorderkan consultant dari jaringan lain. Kecuali SPO owner menyediakan PC
untuk semua consultant bisa free order di SPO nya. (Hal ini bukan lah
keharusan)
Q: Berarti
SPO juga melayanin komplain konsultan yang bukan jaringan SPO owner nya?
A: Komplain hanya sebatas jika consultant
dari jaringan lain menerima barang dan memeriksa kelengkapan barang masih di
dalam SPO (belum meninggalkan SPO)
Q: Sebatas
apa kita sebagai SPO Owner menerima dan menghandle complain dari yang bukan
jaringan kita ?
A: barang kurang, salah code barang dan
barang cacat adalah salah satu complain yang bisa di terima oleh masing masing
SPO. SPO wajib mengingatkan consultant dari jaringan lain kalau memeriksa
kelengkapan barang harus dilakukan pada saat penyerahan barang dalam area SPO.
Jika tidak, SPO Owner dan Oriflame tidak bertanggung jawab untuk semua complain
yang ada. Untuk complain jenis lain seperti : Complain Bonus, Kurang Point,
check pembayaran, verifikasi KTP dll utnuk jaringan lain di haruskan untuk
complain langsung Via E ticketing (www.ccoriflame.co.id)
Q: Apakah ada
Staf yang disediakan khusus untuk menangani complain SPO ?
A:
Berhubung SPO Indonesia belum membentuk SPO Supervisor di setiap cabang,
Sementara ini complain dari SPO bisa langsung di berikan (email) kepada SCM/wh
SPV . Pastikan semua complain terangkum dengan baik dan segera dikirim setelah
semua barang sudah diterima, di-hand over ke consultant dan sudah di check.
Untuk SPO saya sarankan tidak perlu ke E-ticketing karena umum nya eticketing
lebih diperuntukkan pada personal complain.
Q: Disebutkan
bahwa SPO diharuskan memelihara catatan untuk semua paket produk yang diterima
dan memastikan identitas penerima sebelum menyerahkannya kepada Konsultan
Oriflame yang bersangkutan.
Pertanyaannya
adalah sbb:
Memastikan
identitas penerima???
Jika bukan
jaringan owner gimana caranya ?
A: Memastikan identitas penerima bisa di lakukan dengan
cara:
1. Menanyakan/Mencocokkan no consultant
dengan Paket yang akan di ambil
2. Minta consultant tersebut memperlihatkan
KTP, dan SPO Owner mencocokkan namanya
3. Minta consultant tersebut untuk membawa
bukti pembayaran/Receipt transfer dan memperlihatkan ke SPO Owner
4. Setelah semua sudah OK, SPO Owner bisa menyerahkan
barang pesanan tersebut dan consultant harus TTD di Dispatch list yang sdh di
kirim bersamaan dengan barang dari Warehouse cabang.
Q: Apakah
kita masih bisa order lewat VIP ?
A: Masih, dan sangat di sarankan
untuk order lewat VIP karena VIP system nya jauh lebih ringan dari pada order
via V3, Link VIP : https://id-eshop.oriflame.com/eShop/Login.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar